NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

News Maker

Longki-Sudarto Diyakini Raih Kemenangan 60 Persen

Sabtu, 12 /12/ 2015 23:56:33 11381 Pembaca  


Palu - Calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) petahana Longki Djanggola-Sudarto, diyakini bisa meraup kemenangan paling kurang 60 persen dari total 1,9 juta wajib pilih di daerah itu.

Keyakinan itu disampailkan Ketua Koalisi Teruskan, Anwar Ponulele, Rabu (9/12).

"Saya sudah berjalan di hampir seluruh wilayah Sulawesi Tengah selama empat bulan terakhir ini. Dan saya melihat dukungan dari masyarakat masih sangat kuat pada pasangan Longki-Sudarto. Di mana-mana dalam setiap pertemuan tatap muka ratusan bahkan ribuan masyarakat yang hadir. Karenanya saya sangat yakin Longki-Sudarto masih akan menang dan kembali memimpin Sulawesi Tengah lima tahun lagi," ujar Anwar di Sekretariat Bersama Koalisi Teruskan Palu.

Anwar bahkan mematok perolehan suara pasangan petahana ini paling kurang 60 persen. "Bila partisipasi wajib pilih mencapai 80 persen, maka kemungkinan besar kita bisa meraup suara 60 persen. Bila cuma 70 persen, maka kami memprediksi pasangan kami akan mampu meraih 65 persen suara wajib pilih," taksir Ketua KONI Sulteng ini.

Sementara pentolan Partai Demokrat Sulteng, Hendrik Kawulur juga punya keyakinan serupa.

Ia menyebut sumber kemenangan Longki-Sudarto berasal dari Kabupaten Parigi Moutong, Donggala, Sigi, Poso, Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali Utara dan Morowali. Sementara, Kota Palu dan Tojo Unauna, selisih suaranya sangat kecil siapa pun pasangan yang menang.

"Namun, secara keseluruhan Longki-Sudarto bisa meraup kemenangan 60 persen. Apalagi, di beberapa wilayah kemenangan Longki-Sudarto mencapai 80 persen," tukas politisi yang akrab disapa Dende ini.

Sementara, calon gubernur Longki Djanggola meski tidak menegaskan persentase perolehan suara, namun ia tetap optimistis.

"Kita sudah berikhtiar, sudah berdo'a memohon bimbingan dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Sekarang kita serahkan keputusannya kepada ketentuan Allah SWT. Kita tidak boleh takabur. Tidak boleh sombong meski kita yakin bisa menang," kata mantan Bupati Parigi Moutong dua periode itu.

John Lory/Jeis Montesori/PCN

Suara Pembaruan

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan