NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Transpedia

Gratisan! Website Pemda Banggai Pakai Wordpress

Rabu, 20 /04/ 2016 14:40:52 13635 Pembaca  


Transs - Kalangan IT di Indonesia sedang ramai menyoroti website pemerintah yang menggunakan Website Content Management System (CMS) gratisan. Selain karena masalah keamanan website yang sering diretas, CMS gratisan juga di kritik karena ada indikasi pemborosan anggaran pemerintah.

Menariknya, pada website resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang beralamat di www.banggaikab.go.id juga menggunakan Website CMS gratisan, dengan platform “Wordpress” (WP). Tentunya, jika alokasi anggaran untuk jasa pembuatan website pemda banggai cukup besar, tidak sepantasnya menggunakan website gratisan.

Perlu diketauhi, WP merupakan website gratisan yang banyak digunakan dalam membuat blog atau web sederhana. Karena gratis tanpa berbayar, CMS WordPress banyak dipilih kalangan pelajar dan blogger. WP juga mudah untuk di aplikasikan dalam server, karena berbasis CMS, anda cukup download (gratis) di wordpress.org dan install pada server hosting.

Pada aplikasinya, pihak developer website banggaikab.go.id mengubah nama (rename) struktur file dari Wordpress, dengan tujuan agar website tersebut nampak terlihat seperti buatan programmer sendiri (hardcode) yang menggunakan framework seperti Yii, Codeigniter atau Lavarel.

Hampir seluruh file struktur wordpress pada website banggaikab.go.id di ubah, wp-includes, wp-content, dan wp-admin, di ubah menjadi gm- includes, gm-content, dan gm-admin. Namun hal ini tidak bisa mengelabui semua kalangan, khususnya kalangan IT Developer Website. Saat melihat struktur file website banggaikab.go.id dengan teliti, sepenuhnya website ini menggunakan wordpress gratisan.

Jasa pembuatan website pemda Banggai, tentunya mempunyai alokasi anggaran yang tersendiri. Namun, apakah pantas website pemda menggunakan website gratisan. Hal tersebut perlu kita tanyakan kembali.

Bagi anda yang ingin melihat halaman admin pada website banggaikab.go.id, anda bisa cek melalui www.banggaikab.go.id/home/gm-admin atau www.banggaikab.go.id/home/gm-login.php jika ingin mengetauhi tentang halaman login website gratisan wordpress.

[Adjie]

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan