NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

News Maker

Kehadiran Sri Lalusu, Bukan Berarti Tidak Menghargai DPRD Banggai

Kamis, 02 /06/ 2016 23:16:57 6418 Pembaca  

Sri Lalusu memberikan pemahaman kepada warga
Sri Lalusu memberikan pemahaman kepada warga

TRANSS, Banggai - Kehadiran Sri Lalusu, Anggota DPRD Propinsi Sulawesi Tengah di desa Kamiwangi, Toili Barat pada Rabu (01/06/16) kemarin, bukan berarti tidak menghargai DPRD Tingkat II di Banggai.

Hal itu diungkapkan Sri Lalusu kepada transsulawesi.com usai gelaran mediasi warga dan pihak Pertamina EP.

“Saya datang kesini karena saya bertanggung jawab sebagai perwakilan banggai dan bangkep, coba liat perolehan suara  saya di KPU. Banyak suara saya dari Toili Barat.” Ujar politisi PDI-P ini.

Kehadirannya tidak lebih untuk ikut memediasi, kata Sri, karena persolan warga dan Pertamina EP sudah cukup lama dan berlarut larut.

Jadi bukan “Ngebet” datang kesini karena ada sesuatu, ungkap Sri menegaskan, dan kehadirannya adalah bagian rasa tanggung jawab sebagai utusan daerah pemilihan banggai, “ Bertanggung jawab dong dengan rakyat,” Kata Sri.

Adapun pertemuan warga kemarin di fokuskan terkait tuntutan warga atas tanggung jawab Pertamina EP, agar segera mengganti sertifikat hak milik tanah mereka yang dinyatakan hilang atau tercecer karena keteledoran oknum pertamina.

Kronologisnya, warga menyerahkan sertifikat untuk keabsahan ganti rugi oleh pihak pertamina atas lahan mereka yang akan dijadikan jalur pipa.

Dari 1 Ha bidang tanah, rata rata pihak pertamina membayar untuk ukuran 20 x 25 meter, sehingga dengan adanya penyusutan volume ukuran dari 1 Ha luasan yang tercantum di sertifikat harus ada pemecahan ulang pada ukuran sertifikat.

Namun, dari pengakuan warga sudah hampir 5 tahun sertifikat mereka tidak pernah dikembalikan lagi, padahal itu adalah sesuatu yang sangat berharga bagi mereka.

“Biasanya dimusim paceklik, kami menganggunkan sertifikat ke Bank untuk pinjaman. Tapi sekarang apa yang akan kita jaminkan,” tutur I. Wy. Supadiasa.

SF/Ab

BACA JUGA : Warga dan Perwakilan Pertamina EP Rumuskan Penggantian Sertifikat

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan