NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Ekonomi

Operasi Pasar di Palu, Harga Bawang Merah Turun Jadi Rp 30.000 Per Kg

Senin, 13 /06/ 2016 18:34:10 5800 Pembaca  

Pedagang Bawang Merah
Pedagang Bawang Merah

Palu- Operasi pasar sejumah bahan kebutuhan pokok yang dilakukan Perum Bulog Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kota Palu berhasil menurunkan harga bawang merah menjadi Rp 30.000 per kilogram (kg) setelah sebelumnya mencapai Rp 50.000 per kilogram.

“Harga sembako dan komoditas lainnya di pasar tradisional di Kota Palu sudah turun setelah operasi pasar,” kata Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah kota Palu, Tamin Tombolotutu, Jumat (10/6).

Dia mengatakan, bawang merah yang dua pekan lalu mencapai Rp 50.000 per kilogram, saat ini turun menjadi Rp 30.000 per kg. Begitu juga gula pasir yang sebelumnya Rp 16.000 per kilogram turun menjadi 12.500 per kilogram dan beras Rp 11.000 turun di kisaran Rp 9.000 per kilogram.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Sulteng, Abubakar Almahdali mengapresiasi kerja Bulog yang telah mendatangkan bawang merah dari luar Sulteng dan menjualnya dengan harga Rp 25.000 per kilogram.

Dia mengaku, operasi pasar yang digelar Bulog dengan menjual beberapa kebutuhan strategis seperti bawang merah, gula, dan beras sangat berdampak menurunkan harga di tingkat pengecer.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan daging, Perintah Provinsi (Pemprov) Sulteng telah merencanakan menjual daging sapi segar jelang Lebaran. “Ini sebagai langkah antisipasi terhadap kenaikan harga daging saat Lebaran nanti,” kata pelaksana tugas Sekretaris Daerah Pemprov Sulteng Derry Djanggola.

Daging yang dijual menurutnya, berasal dari ternak yang dibeli kemudian disembelih lalu dijual per kilogram dengan harga relatif lebih murah dari kebanyakan harga di pasaran.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak khawatir atas pasokan daging karena stok di Sulteng mencukupi selama Ramadan hingga Lebaran nanti. Selama ini Sulteng dapat memenuhi kebutuhan sendiri, sehingga tidak membutuhkan pasokan dari luar. Meski demikian, harga daging sapi yang ditetapkan pemerintah pusat Rp 80.000 per kilogram belum dapat terealisiasi karena harga daging Kota Palu, masih bertahan Rp100.000 per kilogram.

Suara Pembaharuan

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan