NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Bakal Ada Pelabuhan Perikanan di Banggai Laut, Akses ke Surabaya Terbuka

Sabtu, 09 /07/ 2016 03:53:21 7229 Pembaca  

Sejumlah pakar kelautan dan biologi mencatat sedikitnya ditemukan 485 spesies ikan di perairan banggai laut / foto : Pelabuhan antar pulau di Banggai Laut
Sejumlah pakar kelautan dan biologi mencatat sedikitnya ditemukan 485 spesies ikan di perairan banggai laut / foto : Pelabuhan antar pulau di Banggai Laut

BANGGAI LAUT - Dalam waktu dekat pembangunan pelabuhan perikanan di Kabupaten Banggai Laut (Balut) segera direalisasikan dengan perkiraan luas lokasi mencapai sekitar 3,8 hektar.

Letak pelabuhan sendiri sudah di tetapkan kawasan Mato, yang berada di Desa Gonggong, Kecamatan Banggai Tengah.

“Untuk memastikan luas lokasi ini, nanti dapat diminta di Badan Pertanahan Negara (BPN) untuk melakukan pengukuran, sekaligus meminta surat ukurnya,” kata Kadis DKP Sulteng Hasanuddin Atjo pada bulan juni lalu.

Ia mengharapkan dengan dibangunnya pelabuhan ini, hubungan antara Kabupaten  Balut dan wilayah sekitarnya, hingga  ke Surabaya bisa langsung terbuka.

Hal ini diterangkan langsung Hasanudin ketika melakukan peninjauan  pematangan rencana pembangunan pelabuhan perikanan di Kabupaten ini, Minggu 26 Juni 2016.

Atjo menambahkan, Setelah dilakukan peninjauan, langkah selanjutnya akan dibuatkan master plan, dan gambar perencanaan pembangunan. Dimulai dari gambar rencana dermaga, maupun fasilitas bangunan darat.

“Nantinya, dengan terbukanya akses pasaran ke Surabaya, bahkan bisa tembus pasar global, akan semakin meningkatan taraf kehidupan nelayan,” tandas Atjo.

Hadir dalam peninjauan itu, selain Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulteng, DR Ir Hasanuddin Atjo, MP. Ikut serta dalam rombongan, Kepala UPT Pelabuhan Perikanan, H Agus Sudaryanto, APi, MM, Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Ir Johanis Riga, MSi, Kepala Bidang P2HP, Ir Udin Ibrahim, Kasubag Program dan Perencanàan, Saldyansyah Efendi, SPi, MP dan Kepala Seksi PUPI, Iffat ST, MSi. Serta mendampingi tim dari provinsi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Balut, Drs Abdullah M Malida.

SF/IRF

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan