NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Nasional

PBB Sebut Surabaya Jadi Kota Inspirasi Dunia

Senin, 25 /07/ 2016 04:15:48 10283 Pembaca  

REUTERS/Denis Balibouse
REUTERS/Denis Balibouse

Surabaya - Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Permukiman (UN Habitat) menggelar konferensi internasional Preparatory Committee (PrepCom) III di Surabaya, Jawa Timur, mulai Senin 25 Juli 2016. Konferensi sebelumnya, PrepCom I digelar di New York, Amerika Serikat dan PrepCom II di Nairobi, Kenya. Setelah pertemuan Surabaya, UN Habitat akan menggelar konferensi tingkat tinggi di Quito, Ekuador, pada Oktober 2016 mendatang.

"Surabaya dipilih karena merupakan contoh kota yang berhasil melakukan pengembangan perkotaan," kata Direktur Eksekutif UN Habitat, Joan Clos, di Surabaya, Ahad 24 Juli 2016. Menurutnya, dia sudah pernah berkunjung ke Surabaya sebelumnya dan dia mengamati perkembangan pembangunan di kota terbesar kedua di Indonesia ini. "Surabaya menjadi inspirasi kota lain di dunia," kata Clos.

Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Pembangunan Perumahan Basuki Hadimoeljono dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini,   Joan Clos menghadiri upacara pengibaran bendera semua negara peserta PrepCom III UN Habitat, sehari sebelum konferensi dibuka. Upacara ini juga menandai penyerahan pengamanan konferensi dari pemerintah Indonesia pada PBB.  

Menteri Basoeki Hadimoeljono menjelaskan sampai hari ini, sudah ada 33 negara yang bakal hadir dalam konferensi ini, dan semua diwakili pejabat setingkat menteri. "Total peserta konferensi ini kurang lebih 4.500 orang," katanya.

MOHAMMAD SYARRAFAH || TEMPO.CO

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan