NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Jadi Juara: Menumpang Pinisi Menghampiri Banggai

Kamis, 01 /09/ 2016 17:05:54 23445 Pembaca  

Ilustrasi perahu pinisi
Ilustrasi perahu pinisi

BANGGAI,Luwuk- Titik Kartitiani dari National Geographic dengan judul 'Menumpang Pinisi Menghampiri Banggai' menjadi juara pertama dalam ajang penghargaan wartawan pariwisata yang menulis artikel tentang keragaman wisata bahari Indonesia.

Titik sebagai juara pertama versi majalah, Ia menulis kisahnya; Di haluan KLM Lady Denok, Michael, juru mesin, menggenggam handy talkie (HT). Matanya berusaha fokus ke bawah lambung kapal, menembus laut yang berubah jadi hitam oleh malam. Tubuh si Lady bergetar, diikuti pecah laut di ujung haluan. “ Yak… si Bongkok (panggilan mesra para ABK untuk jangkar) sudah mulai terlihat, ganti, ” katanya seiring pinisi yang mulai beringsut meninggalkan Teluk Lalong dan hamparan cahaya kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Titik dengan cermat mengisahkan keindahan kota luwuk saat menuju kepulauan banggai, katanya dalam pengantar artikel adalah “Kisah heroik para pelaut Bugis memang sohor. Beruntung saya bisa mencicipinya, sekaligus mengintip gerhana matahari di nusa nan indah.”

Berharap tulisan Titik kali ini, bisa memperkenalkan wisata bahari Kota Luwuk dan Kabupaten tetangga lebih luas. Mengingat promo sektor wisata kabupaten banggai dan banggai laut serta pula banggai kepulauan oleh banyak pihak dinilai masih lemah.

Selain menempatkan 'Menumpang Pinisi Menghampiri Banggai' juara kedua oleh Lukmanul Hakim dari Travel Club dengan judul 'Tanjung Lesung Pantai Istimewa di Ujung Jawa' dan selanjutnya peraih peringkat tiga diraih oleh Yogi Wirawan dari Majalah Travel Club dengan judul 'Gugusan Pulau Kecil Nan Cantik, Bernama Pulau Pengabatang'.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya penghargaan bagi wartawan pariwisata yang menulis artikel tentang keragaman wisata bahari Indonesia.Adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap karya tulis wartawan serta mempromosikan pariwisata bahari Indonesia.

"Saat ini hanya sekitar satu juta wisatawan mancanegara (wisman) yang melakukan wisata bahari. Diharapkan akan naik empat kali lipat di tahun 2019 mendatang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk promosi yang baik dilakukan oleh media seluruh Indonesia," kata Menpar Arief dalam sambutannya di Balairung Soesilo (sf/Fa)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan