NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Lokasi Kilang Gas Donggi Senoro digugat Warga

Selasa, 06 /09/ 2016 02:50:56 15640 Pembaca  

Lokasi kilang tampak atas yang digugat keluarga Jamin (FOTO:lngworldnews.com)
Lokasi kilang tampak atas yang digugat keluarga Jamin (FOTO:lngworldnews.com)

BANGGAI, Luwuk - Keluarga Jamin Mokodompit mengadukan permasalahan sengketa lahan mereka dengan perusahan PT Donggi Senoro LNG atas tanah seluas 43.569 meter persegi di Hanbola Tua, Desa Uso Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

“Awalnya tanah yang dikuasai oleh PT. DS LNG tersebut merupakan kebun milik Jamin Mokodompit yang dijaga oleh Bara La Api dan istrinya Hijra. Namun entah bagaimana, terbit SKPT Tahun 2007, padahal tanah tersebut telah memiliki Sertifikat Hak Milik Nomor 3/1995 atas nama Jamin Mokodompit dan Sertifikat Hak Milik Nomor 4/1995 atas nama Hadija dan beberapa akta jual beli lainnya.” kata Suyono Ramili, kuasa dari Jamin Mokodompit kepada wartawan.

Kemudian, kata Ramli, terjadi jual beli antara Bara La Api dengan pihak PT. DS LNG atas dasar SKPT Nomor 592.2/27/XI/2007 tersebut .” Dan transaksi pembelian tersebut terjadi di Bank BNI Banggai.”

BACA JUGA : Jamin Mokodompit Minta Donggi Senoro Kembalikan Tanah Mereka

Dalam transaksi nilai pembelian PT. Donggi Senoro senilai Rp. 392.121.000 dan dianggap selesai. Yang mengherankan jelas Suyono adalah SKPT yang dijadikan dasar jual beli yang kemudian oleh Bara La Api di sangkali.

“ Bara La Api mengatakan dirinya tidak pernah membuat SKPT, karena yang membuat SKPT adalah Kepala Desa.”

Jadi dalam hal ini, Suyono menjelaskan, Kepala Desa patut diduga telah melakukan pemalsuan surat. Adapun tanah yang dimaksud kini telah menjadi lokasi utama kilang gas Donggi Senoro. (SF)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan