NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Tak ada Jaringan Internet, PPK di Bangkep Mesti Input Data di Salakan

Jum'at, 30 /09/ 2016 17:27:29 4046 Pembaca  

Ilustrasi input data pemilih
Ilustrasi input data pemilih

BANGKEP - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Banggai Kepulauan dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2017 akan bekerja ekstra karena di pastikan PPK akan melakukan peng-`input`-an data pemilih langsung di Ibu Kota Kabupaten Banggai Kepulauan, Salakan

Pengelolaan data pemilih dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) tidak dapat dilakukan PPK dari masing masing kecamatan asal karena terkendala jaringan internet.

Ramlan Salam, Komisioner KPU Sulawesi Tengah membenarkan terkait kendala tersebut, namun ia optimis penyelenggaran tetap berlangsung lancar dan tak jadi masalah.

"Tetapi tidak menjadi masalah karena peng-`input`-an data akan dilaksanakan di ibu kota kabupaten," kata Ramlan.

Saat ini kata Ramlan, di Banggai Kepulauan masih sekitar 50 persen kecamatan yang belum bisa mengakses internet.

"Bahkan kecamatan terdekat dengan ibu kota kabupaten belum ada jaringan internetnya," katanya.

Untuk menyiasati kendala tersebut, PPK terpaksa harus bekerja di ibu kota kabupaten karena proses pemasukan data ke Sidalih memiliki waktu yang terbatas.

Selain Banggai Kepulauan kendala yang sama juga di alami kabupaten Buol.

Ramlan juga menjelaskan, saat ini dua daerah tersebut sedang melakukan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih hingga 7 Oktober 2016.

Setelah itu, data tersebut dimasukkan dalam Sidalih oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Sebelum diinput ke Sidalih koordinasi dulu dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah setempat karena akan ditemukan pemilih yang belum memiliki identitas kependudukan," katanya.

Dia mengatakan bagi penduduk yang sudah wajib pilih sudah harus memiliki identitas kependudukan yang kewenangannya berada di Dinas Catatan Sipil.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data itu mengatakan KPU Sulawesi Tengah telah melakukan penguatan melalui bimbingan teknis terhadap Panitia Pemungutan Suara (PPS), PPK dan KPU kabupaten.

"Waktu Bimtek itu juga diikuti oleh panitia pengawas kecamatan," katanya.

Ramlan optimistis data pemilih di dua kabupaten tersebut akan semakin baik karena pendampingan oleh KPU Provinsi terus digalakkan.

"Kami ingin memastikan bahwa seluruh petugas bekerja dengan maksimal," katanya. (FA)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan