NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Nasional

Perintah Presiden Secepatnya Selesaikan Persoalan di Obvitnas LNG

Rabu, 26 /10/ 2016 10:17:07 6957 Pembaca  

Pangdam VII / Wirabuana Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti
Pangdam VII / Wirabuana Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti

SULTENG, Banggai - Pangdam VII / Wirabuana Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti meminta jajaranya dari pihak TNI, serta pihak Kepolisian juga Pemerintah Daerah setempat agar segera menyelesaikan permasalahan yang berada diareal Obvitnas.

 “Tadi wartawan nanya  permasalahan yang ada objek vital di LNG (PT.Donggi Senoro), Ya itu enggak boleh, seperti perintah bapak presiden, sebelum itu berkembang segera diselesaikan.” Tegasnya, Selasa (25/10/2016)

Dan dalam penyelesaiannya, Kata Pangdam, itu tugas TNI, Polri dan Aparat Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai.  

Selanjutnya, Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti juga meminta para Danrem, Dandim dengan Danramil serta Babinsa bisa bersinergi dalam rangka penyelesaian kasus tersebut, mengingat hal itu adalah perintah Presiden RI.

“Jadi ini diperhatikan, danrem, dandim dengan danramil juga babinsa bisa menjabarkan ini, dan ini menjadi catatan bapak Asisten,” ujarnya.

Seperti diketahui saat ini,  PT. Donggi Senoro berstatus terlapor dalam kasus penyerobotan lahan warga yang memiliki sertipikat hak milik (SHM) yakni milik Haji Jamin Mokodompit dan Ny. Hadijah.

Dimana kedua pemilik SHM tersebut tidak pernah mendapat konpensasi atau ganti rugi oleh pihak perusahaan atas lahan mereka yang bersertifikat juga pada bidang tanah lainnya dengan dasar kepemilikan Akte Jual Beli (AJB).

Dalam kasus penyidikan itu sendiri, pihak kepolisian telah melakukan pemeriksaan 20 orang saksi, lima diantaranya dianggap sangat mengetahui persis tahapan inventarisasi lahan yang mesti dibebaskan perusahaan.

Berikut ke-lima saksi yang dianggap paling mengetahui musabab hilangnya nama pemilik SHM  sehingga tidak mendapat ganti rugi.

1.Syarifuddin Muid, SH sebagai Ketua Tim Inventarisasi, 2. Surait Salim yang saat itu menjabat sebagai Kepala Desa Uso juga Anggota tim Inventarisasi, 3. Bakir T. Lubian Ketua BPD Desa Uso juga sebagai anggota tim Inventarisasi, 4. Arifin Uka sekdes Desa Uso juga anggota tim Inventarisasi dan  berikutnya, Talib Agama salah satu Staf Kantor Camat Batui yang juga anggota tim Inventarisasi

(Ab /SF)

BACA JUGA:

Persoalan Lokal disekitar OBVITNAS. Pangdam VII, Minta diselesaikan bersama

BPN Banggai dan DSLNG Terancam di Petisi

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan