NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Reportase

Warga Tanjung Kecam Sikap Pemda Banggai

Selasa, 16 /05/ 2017 16:38:35 6167 Pembaca  

Samsul Bahri Mang merencanakan akan mengundang Bupati Banggai beserta seluruh ASN pemda terkait persoalan penggusuran dikawasan tanjung.
Samsul Bahri Mang merencanakan akan mengundang Bupati Banggai beserta seluruh ASN pemda terkait persoalan penggusuran dikawasan tanjung.

Transsulawesi.com, Banggai -- Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai, Selasa, (16/5/2017) berlangsung cukup alot. Rapat terkait penggusuran warga tanjung, tumpah ruah dengan ratusan warga tanjung yang memadati ruang kantor DPRD Banggai.

Masyarakat tanjung yang hadir, spontan meluapkan kekecewaan mereka terhadap pemda banggai diruangan kantor DPRD yang dihadiri oleh para anggota DPRD, Badan Pertanahan Nasional Luwuk, dan Kejaksaan Luwuk.

Perwakilan masyarakat tanjung, Kiky, mengatakan bahwa seharusnya pemda banggai peduli dengan warga tanjung. Karena menurutnya, puluhan anak anak kini terlantar tidak sekolah. Ia juga dengan sedih mengatakan bahwa faktanya ada seorang ibu yang kini hidup didalam peti kemas barang karena tidak punya apa apa lagi.

“itu ada ibu ibu ada yang kini tinggal di kontainer barang, anak anak banyak tidak sekolah, pemda harus tanggung jawab itu”. Ungkapnya.

Baca Juga: Rapat Penggusuran Tanjung, DPRD Soroti Pemda Banggai

Tidak hanya itu, saat berbicara kiky menjelaskan bahwa faktanya kini warga tanjung tak punya rumah untuk berteduh dari panas matahari dan hujan. Ia menyesalkan sikap Bupati Banggai yang tidak berada di samping warga dikala mereka sedang dilanda kesusahan.

Kiky juga menjelaskan bahwa, penggusuran pada pemukiman warga tanjung adalah upaya pemiskinan secara struktural. Menurutnya, dari kajian sosio-ekonomi, bahwa warga tanjung susah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Karena tanjung adalah tempat mereka untuk mencari nafkah kehidupan sehari – hari.

“warga tanjung itu mencari nafkah disekitar rumah mereka, seperti pelabuhan, penampungan ikan, dan pasar tradisional”. Ungkapnya.

Sementara itu ketua DPRD Banggai, Samsul Bahri Mang merencanakan akan mengundang Bupati Banggai beserta seluruh ASN pemda terkait persoalan penggusuran dikawasan tanjung.

(Mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan