NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Alkes Computerized Tomography di BRSUD Luwuk Masih Belum Difungsikan

Jum'at, 26 /01/ 2018 15:16:47 1270 Pembaca  


Transsulawesi.com, Luwuk - Sejak diadakan 2017 tahun lalu, alat kesehatan (alkes) berupa Computerized Tomography atau CT scan di BRSUD Luwuk sampai saat ini belum difungsikan . Menurut pihak RSUD, ruang radiologi yang dijadikan tempat pengoperasian masih belum siap.

Kepala Penanggung Jawab Ruang Radiologi, dr. Wendy mengatakan sejauh ini ruangan belum terpasang timbal anti radiasi, ia pun tidak mengetahui pasti kapan pemasangan itu mulai dilakukan.

Lambannya pembangunan ruangan, menyebabkan uji fungsi dari alat CT-Scan bernilai miliaran rupiah itu belum dapat dilakukan sama sekali.

“Sampai saat ini CT-Scan yang ada, belum diuji fungsi,” aku Wendy.

Menurutnya uji fungsi baru bisa dilakukan apabila timbal anti radiasi sudah terpasang diruangan, “sehingga itu belum ada uji fungsi karena belum ada timbalnya” jelasnya lagi.

Timbal sendiri kata Wendy memiliki fungsi utama untuk menahan radiasi juga sinar X-ray agar tidak menyebar.

Dari informasi yang didapatkan, setidaknya ada tiga perangkat yang harus diuji fungsi selain CT Scan itu sendiri, yakni Pesawat Cinar-X, C-Arm, Dental Panoramic dan USG 4D.

Sebelumnya, pengadaan alat kesehatan yang bernilai Rp 12.161 ini mendapat sorotan banyak pihak karena ada dugaan penyimpangan, baik itu dalam proses tender maupun spesifikasi alat yang tidak sesuai.

BACA: Aliran Fulus 18,9 Miliar Untuk Ruang Radiologi BRSD Luwuk

Sementara dugaan lain yang disebutkan pula menyalahi aturan yang ada, yakni penetapan PT Hutama Sejahtera Radofa selaku pemenang tender, dimana perusahaan skala nasional ini pernah tersandung kasus suap pada proyek pengadaan alkes di Rumah Sakit Umum Daerah Lampung Selatan Tahun 2016. Dimana rekanan PT Hutama Sejahtera Radofa ketahuan memberikan suap berupa empat lembar cek senilai Rp 2,4 miliar ke Direktur RSUD sebagai pelicin

Kini alat pemindaian X-ray berbasis digital computer tersebut masih teronggok di gudang RSUD Luwuk, dari sebelumnya sempat disimpan disalah satu rumah pejabat dikompleks BTN Kilometer 5 Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, hingga kemudian dipindahkan ke RSUD secara tiba tiba. (syf)

BACA:  Alkes CT Scan Seharga 12 Miliar Berada di Rumah Pribadi Bupati Banggai, Ada Apa?

 

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan