NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Peluang Mengamati Gerhana Bulan 'Supermoon' Diatas Langit Babasal

Rabu, 31 /01/ 2018 13:02:21 3609 Pembaca  

Ilustrasi blue blood super moon
Ilustrasi blue blood super moon

Transsulawesi.com, Luwuk - Malam nanti Rabu 31 Januari 2018, publik bakal disuguhkan dengan fenomena gerhana bulan total. Kabarnya, akan terlihat tiga fenomena sekaligus yang disebut lembaga antariksa Amerika Serikat NASA dengan sapaan 'Super Blue Blood Moon'.

Nah, untuk masyarakat di wilayah Indonesia Tengah, bisa menyaksikan Supermoon sekitar pukul 21.26 WITA.

Tapi sayang untuk mengamati supermoon utuh di wilayah Luwuk Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah masih belum dapat dipastikan. Pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca, bahwa di atas Langit Tanah Babasal, Rabu malam nanti, kondisi cuaca berawan bahkan terjadi hujan ringan.

Walau demikian salah seorang sumber yang merupakan pakar klimatologi yang berhasil dihubungi transsulawesi.com mengatakan, masih ada peluang untuk pengamatan blue blood super moon di wilayah Luwuk dan sekitarnya. Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya itu, tetap ada kemungkinan untuk terlihat gerhana, karena masih ada celah-celah awan dan hujan yang tidak merata.

“Misalnya, awan tidak menutup rata semua bagian langit,” ujar sumber, 31 Januari 2018.

Blue blood super moon merupakan istilah untuk gerhana total saat bulan purnama kedua, pada 31 Januari 2018, dalam jarak terdekatnya dengan bumi. Jika bisa terlihat, rona bulan yang biasanya pucat saat purnama akan tampak memerah. (syf)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan