NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Reportase

Penjelasan BMKG Soal Gempa di Banggai

Minggu, 04 /03/ 2018 16:45:42 7312 Pembaca  

Ilustrasi
Ilustrasi

Transsulawesi.com, Luwuk -- Gempa yang mengguncang Luwuk Banggai,  Sulawesi Tengah, Minggu (4/3/2018), pada pukul 11.10 Wita tadi  merupakan gempa tektonik. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofikas (BMKG), lokasi titik gempa ada pada jarak 57 km arah timur laut Kota Luwuk.

“Pusat gempa berada pada koordinat episenter 0,64 LS dan 123,29 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 57 km arah timur laut Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada kedalaman 45 km,” kata M Riyadi, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami yang dirilis BMKG Gorontalo.

Jangkauan gempa dilaporkan terasa hingga diwilayah Gorontalo, Ampana, dan Buol.

Masih keterangan BMKG, kedalaman hiposenternya, disebutkan gempa ini merupakan jenis dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar (patahan) lokal. Dimana dalam peta tataan tektonik, wilayah Kabupaten Banggai terdapat zona gempa bumi dengan struktur sesar. Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas Sesar Oblique.

 “Kepada masyarakat di Kabupaten Banggai diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Riyadi. (syf/ab)
 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan