NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Aksi Korporasi

1000 Cemara Laut Untuk Masa Depan

Senin, 02 /07/ 2018 02:25:05 1060 Pembaca  

Igor Akinfeev sat melakukan penyelamatan. (Photo: AFP)
Igor Akinfeev sat melakukan penyelamatan. (Photo: AFP)

Transsulawesi.com, Banggai -- Untuk mencegah abrasi pantai yang tiap tahunnya terjadi, PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) menanam sebanyak 1000 pohon cemara laut  disepanjang pesisir pantai Tingki-Tingki, Kelurahan Sisipan, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

Penanaman pohon cemara laut ini di sepanjang garis pantai diharapkan dapat mencegah abrasi pantai. Salah satu penyebab utama terjadinya erosi adalah tiupan angin dari arah laut maupun daratan. Karenanya, perlu dilakukan upaya menahan laju angin agar abrasi dapat diminimalisir.

Kegiatan penanaman ini melibatkan masyarakat desa Tingki-Tingki dan beberapa kelompok nelayan binaan DLSNG yang telah lama terbentuk.

Senior Manager Relations & Communication DSLNG Shakuntala Sutoyo mengatakan bahwa DSLNG merupakan perusahaan migas yang peduli akan kelestarian lingkungan hidup sekitarnya. Pada hari lingkungan hidup sedunia, DLSNG melakukan beberapa aksinya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Perusahaan DSLNG bertanggungjawab secara sosial dan lingkungan, untuk itu kami sangat mendukung program-program pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Sakuntala juga mengatakan bahwa perusahan DSLNG dalam aksinya adalah bagaimana menjaga kualitas ekosistem dan memperbaiki ekonomi masyarakat pesisir khususnya nelayan.

“Saat ini kita akan melihat integrasi antara mata pencaharian dan lingkungan hidup, contoh menanam terumbu karang dan manggrove untuk mencegah abrasi,” tambah Sakuntala.

Menurut pendamping CSR bidang perikanan DSLNG Dwi Prayetno, penanaman bibit pohon cemara laut ini bertujuan untuk meminimalisir abrasi pantai Tingki-tingki.

“500 bibit pohon cemara kita tanam untuk tahap pertama, hingga bulan agustus 1000 pohon sudah tertanam,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banggai Ir. Herwin Yatim mengatakan bahwa peran serta perusahaan tentunya sangat penting untuk melestarikan lingkungan hidup. “pemerintah dibantu oleh stakeholder seperti DSLNG, terus berpartisipasi pada peningkatan kualitas lingkungan hidup yang ada”. Ujar Herwin Yatim.

Untuk meminimalisir abrasi pantai DSLNG berupaya melakukan rehabilitasi kawasan pesisir agar fungsinya dapat dipertahankan. DSLNG juga melakukan sosialisasai kepada masyarakat di pesisir untuk tetap mempertahan keberadaan ekosistim pesisir, melakukan rehabilitasi dengan menanam pohon cemara laut dan menjaga kelestarian pohon bakau sebagai pelindung pantai. (mhr)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan