NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

DSLNG Perusahaan Migas Dengan Segudang Penghargaan Lingkungan

Selasa, 03 /07/ 2018 15:56:24 1401 Pembaca  

(Foto Biro Pers Istana Kepresidenan)
(Foto Biro Pers Istana Kepresidenan)

Transsulawesi.com, Banggai -- Kilang LNG Donggi Senoro berhasil mempertahankan peringkat Biru dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor Sk.696/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2017 tentang Hasil Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Tahun 2016-2017 tertanggal 15 Desember 2017.

Penilaian PROPER dilakukan secara rutin untuk mendorong perusahaan menerapkan pengelolaan lingkungan yang baik dan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat dalam aktivitas operasinya.

“Kami bersyukur dan berterimakasih atas dukungan semua pihak,peringkat ini menunjukkan komitmen perusahaan yang tinggi dalam Kebijakan Mutu, Kesehatan,Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup,” ujar Direktur Urusan Korporasi PT Donggi-Senoro LNG Aditya Mandala, Kamis (21/12).

Kilang LNG Donggi Senoro berlokasi di Desa Uso, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Kilang pengolahan gas alam menjadi gas alam cair ini mulai beroperasi pada Agustus 2015. Selain memproduksi LNG, kilang juga menghasilkan kondensat sebagai produk samping dari pengolahan gas menjadi LNG.

Kementerian Lingkungan Hidup danKehutanan mencatat terdapat 1.819 perusahaan yang mengikuti penilaian peringkat PROPER untuk periode 2016-2017. Dari jumlah tersebut sebanyak 571 perusahaan diawasi langsung oleh provinsi dan 1.248 perusahaan diawasi oleh KLHK.

Berdasarkan evaluasi Tim Teknis dan pertimbangan Dewan Pertimbangan PROPER, ditetapkan peraih peringkat EMAS sebanyak 19 perusahaan, HIJAU 150 perusahaan, BIRU 1.486 perusahaan, MERAH 130 perusahaan, dan HITAM 1 perusahaan.

Sebelumnya, DSLNG melalui program pengembangan masyarakat atau CSR, meraih penghargaan dalam acara Penghargaan CSR/SR Best Practice for MDGs to SDGs, Indonesia Sustainable Development Goals (ISDA) Awards 2017. DSLNG menerima 3 penghargaan Platinum, dan 4 penghargaan Gold.

Apresiasi ini diberikan Corporate Forum For Community Development (CFCD), sebuah forum bersifat independen yang dibentuk sebagai wadah komunikasi bagi para pelaku CSR, dan penggiat pemberdayaan masyarakat.

Pemberian Penghargaan ISDA Awards 2017, di Smesco Exhibition Hall, Jakarta. Acara ini dibuka oleh Menteri PPN/Kepala Bapenas Bambang Brodjonegoro mewakil Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Corporate Communication Manager DSLNG Thamrin Hanafi, dan CSR Programme Officer DSLNG Yulandri Isnain, hadir menerima penghargaan mewakili perusahaan.

Pemberian penghargaan ini menunjukkan bahwa program CSR yang dijalankan DSLNG selama ini telah sejalan dengan agenda pembangunan dunia. Sebagai warga korporasi, DSLNG telah ikut serta mendukung pemerintah dalam membangun masyarakat.

Sistem penilaian ISDA Awards meliputi program CSR yang dilakukan, penerima manfaat, dan pencatatan. Semua aspek ini dinilai secara cermat untuk memastikan bahwa program kemasyarakatan yang dilakukan perusahan mengandung nvestasi sosial untuk mengentaskan kemiskinan.

Penganugerahan diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang menjalankan program terbaik demi tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Sebanyak 43 perusahaan terdaftar sebagai peserta ISDA Awards 2017. Ajang ini menominasikan 112 program terkait dengan pencapaian 12 dari 17 tujuan SDGs.

DSLNG menerima penghargaan Platinum dan Gold untuk beberapa kategori program CSR. Penghargaan Platinum, diberikan untuk Kategori Tujuan 2 SDGs yaitu Tanpa Kelaparan, dan Kategori Tujuan 4 SDGs yaitu Pendidikan Berkualitas. Sedangkan penghargaan Gold diberikan untuk Kategori Tujuan 3 SDGs yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Kategori Tujuan 5 SDGs yaitu Kesetaraan Gender, Kategori Tujuan 8 SDGs yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, dan Kategori Tujuan 14 SDGs yaitu Ekosistem Laut.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs) adalah 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat waktu yang telah ditentukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. (SDGs) ini telah ditetapkan oleh PBB pada akhir 2015 di New York, dan berlaku pada 2016 hingga Desember 2030.

Di Indonesia, SDGs sudah ada peraturan presidennya, yaitu PerPres No 59 tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Bagi DSLNG, penghargaan ini juga merepresentasikan kemajuan yang telah diciptakan perusahaan untuk masyarakat Kabupaten Banggai. Apresiasi ini bukan merupakan tujuan utama DSLNG dalam menjalankan program-program CSR, karena yang terpenting adalah DSLNG tumbuh bersama dan menciptakan peluang bagi masyarakat sekitar untuk terus maju. (mhr)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan