NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

TNI Kodim 1308–07 Berikan Sosialisasi dan Latih Calon Hansip di Pagimana

Rabu, 04 /07/ 2018 19:42:11 1162 Pembaca  

Babinsa Kodim 1308 - 07/Pagimana melaksanakan kegiatan sosalisasi dan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta pelatihan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) kepada 5 orang warga calon Pertahanan Sipil (Hansip) di Desa Toipan Kec. Pagimana Kab. Banggai, Selasa, (3/7/2018). (Foto: Istimewa)
Babinsa Kodim 1308 - 07/Pagimana melaksanakan kegiatan sosalisasi dan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta pelatihan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) kepada 5 orang warga calon Pertahanan Sipil (Hansip) di Desa Toipan Kec. Pagimana Kab. Banggai, Selasa, (3/7/2018). (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Pagimana -- Babinsa Kodim 1308 - 07/Pagimana melaksanakan kegiatan sosalisasi dan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta pelatihan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) kepada 5 orang warga calon Pertahanan Sipil (Hansip) di Desa Toipan Kec. Pagimana Kab. Banggai, Selasa, (3/7/2018).

Sosialisasi dan pelatihan tersebut bertujuan mewujudkan pertahanan dan keamanan nasional yang berlandaskan potensi rakyat semesta pada kepentingan Hankam dibentuklah potensi rakyat dalam pertahanan sipil dan perlawanan keamanan rakyat serta memberikan pelatihan keterampilan yang bersangkutan dengan tugas dan kewajiban.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bripka Pajri Hinelo (Babinkamtibmas Desa Toipan), Bpk Nudin (Kades Toipan), Bpk Muhlis Dalamaen (Ketua BPD Desa Toipan) dan Perangkat desa lainnya, serta para calon hansip.

Hansip yang dibentuk dan mendapatkan pembinaan serta pelatihan bela negara oleh TNI khususnya satuan teritorial melalui peran Babinsa selaku aparatur negara yang berada diwilayah pedesaan, sehingganya salah satu tugas atau peran dari Babinsa adalah untuk mencari dan membentuk anggota mereka diangkat dari pihak internal yaitu dari masyarkat sendiri yang ada di desa binaanya.

Sistem pertahanan dan keamanan nasional Indonesia didasarkan atas prinsip “pertahanan dan keamanan secara menyeluruh” yang berarti bahwa Angkatan Bersenjata dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan sama-sama bertanggung jawab dapat menjaga keamanan dan pertahanan negara.

Sebab oganisasi pertahanan oleh masyarakat sipil bertanggung jawab atas hal-hal yang terkait dengan keamanan dan keteraturan dan harus membantu rakyat di pedesaan dalam kondisi apapun atau dalam kondisi darurat sekalipun. Olehnya itu hansip masih tetap dalam pengawasan pemerintah daerah.

Sehubungan dengan materi sosialisa Hansip oleh Babinsa Koptu Rusdin Podo tersebut disampaikan Agar  para calon Hansip kedepan selalu cepat dan tanggap pada setiap kejadian yang terjadi di desa, baik hal itu berupa kejadian bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, dan hal lain yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hansip atau Linmas adalah suatu komponen cadangan yang sewaktu-waktu negara dalam keadan darurat atau perang maka Hansip harus siap karena hal ini selaku komponen utama adalah TNI dan Polri.

Pada pelatihan Calon Hansip tersebut, Babinsa Koptu Rusdin Podo memberikan materi PBB dan PPM yang dilaksanakan dengan penuh semangat dan percaya diri dalam kegiatan pelatihan oleh kelima orang warga Desa Toipan yang notabenenya akan menjadi Hansip di daerahnya.

Kelima orang calon hansip tersebut saat ini sedang dibuatkan seragam hansip oleh Bapak Nudin selaku Kades Toipan dan kegiatan pelatihan dasar PBB dan PPM yang dimulai pada hari ini selasa jam 10.00 Wita dan  selesai pada jam 11.45 Wita dengan aman dan terkendali.

(sam)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan